Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Riau (AMIK Riau), yang merupakan cikal bakal Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amik Riau (STMIK Amik Riau), berdiri pada tahun 1990 dan merupakan perguruan tinggi komputer pertama di Provinsi Riau. AMIK Riau didirikan sebagai jawaban atas kebutuhan tenaga kerja bidang komputer di Provinsi Riau, dengan jenjang pendidikan Diploma III Jurusan Manajemen Informatika.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Riau (STMIK Riau) didirikan pada tahun 1996 untuk menyelenggarakan jenjang pendidikan Strata I Jurusan Teknik Informatika. Untuk meningkatan efisiensi, efektifitas, dan mutu pelayanan, pada 2006 dilakukan penggabungan kedua lembaga menjadi satu institusi, yakni STMIK Amik Riau, yang terdiri atas dua Program Studi: Teknik Informatika (Strata I) dan Manajemen Informatika (D.III). Pada tanggal 12 Agustus 2011, Program Studi Teknik Informatika mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional.

Meskipun berhasil mendapatkan akreditasi B untuk salah satu program studinya, perjalanan secara umum STMIK Amik Riau selama 25 tahun hingga 2015 tidak sesuai dengan harapan para pendiri. Harapan untuk menjadi sebuah perguruan tinggi komputer yang besar (quantity) dan terkemuka (quality) dinilai masih jauh untuk bisa diwujudkan, kendati merupakan yang pertama.

Dari analisa situasi lebih lanjut, terungkap bahwa berbagai hal mendasar yang dibutuhkan guna melangkah dan menggerakkan institusi ini ke depan belum ada atau jauh dari kondisi yang ideal. Masih terdapat banyak hal mendasar yang harus dirumuskan dan disempurnakan.

Selama ini STMIK Amik Riau belum berada pada pada jalur yang tepat menuju cita-cita yang diharapkan para pendiri. Sepanjang perjalanannya, institusi ini terlena pada fungsi pengajaran (teaching) dengan kondisi yang jauh dari sebuah perguruan tinggi pengajaran (teaching university) yang ideal yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing.

Untuk mewujudkan cita-cita para pendiri, STMIK Amik Riau tidak cukup hanya sebagai excellent teaching university, namun juga harus bergerak menuju perguruan tinggi riset (research university) yang memberikan kemaslahatan bagi stake holders dan masyarakat. Hal ini 4 merupakan konsekuensi untuk menjadi sebuah perguruan tinggi komputer unggul seperti yang dicita-citakan para pendiri. Keberhasilan untuk mewujudkan cita-cita di atas memerlukan sebuah perencanaan jangka panjang yang akan menuntun perjalanan institusi ini agar selaras dan berada pada jalur yang tepat sesuai dengan cita-cita pendiriannya.  



Terkait